SELAMAT DATANG SAUNESIAPORT Oleh KPS MSHP Sekolah Pascasarjana

SELAMAT DATANG SAUNESIAPORT Oleh KPS MSHP Sekolah Pascasarjana

image
By usi_pasca On Tuesday, March 14 th, 2017 · no Comments · In

Hiruk pikuk yang mewarnai kunjungan muhibah Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Azis Al-Saud di Indonesia 1-9 maret 2017 menandakan betapa pentingnya kehadiran Khadimul Haramain Asy-Syarifain.

SALMAN EFFECTS yang multidimensi direkam dengan ketajaman pisau kajian dalam kerangka diplomasi berkelas dunia. Akankah poros Saudi Arabia dan Indonesia yang populer disebut SAUNESIA bergulir menjadi kekuatan baru peta politik hankam, ekonomi, sosial-budaya dan ekologi ?

Kontribusi pendanaan dari Saudi Fund for Development, proyek-proyek pembangunan di Indonesia senilai USD1 Miliar, sampai gandeng tangan Aramco dan Pertamina untuk pengembangan kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah. sebesar USD6 Miliar.

Keakraban yang diperlihatkan oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Salman dapat menggelorakan kolaborasi konstruktif Saunesia dibidang investasi untuk menjawab arogansi Freeport.

Pelaksanaan pertambangan kini memasuki tahap baru yang bersentuhan dengan rezim izin pertambangan khusus (IUPK) sebagai perintah UU Minerba (UU No.4 tahun 2009) pengaturan IUPK adalah kristalisasi atas kuasa Negara terhadap Korporasi. Pemerintah berkedudukan sangat kuat mengingat perizinan sebagai penanda bahwa korporasi dan negara tidak sederajat.

Negara tidak boleh diremehkan, apalagi disandera oleh kekuasan Korporasi.

Berikut cuplikan tulisan dari Suparto Wijoyo Koordinator Magister Sains Hukum dan Pembangunan Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga dalam OPINI dengan judul “SELAMAT DATANG SAUNESIAPORT

Selangkapnya dapat dibaca di Koran SINDO hari Selasa 7 Maret 2017
(foto: Fanny Triana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *